Text
Matematika untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI
Filosofi pendidikan dalam pengembangan Kurikulum 2013 berbasis pada nilai-nilai luhur, nilai akademik, kebutuhan peserta didik dan masyarakat yang bertujuan untuk membangun sumber daya manusia Indonesia yang beriman, berkemanusian, berpengetahuan dan berketerampilan. Kerangka filosofis ini harus menjadi kerangka berpikir pendidik (guru) atau mindset guru dalam menyelenggarakan pendidikan itu sendiri (termasuk didalamnya daya dukung kurikulum, tujuan dan isi pendidikan,penilaian proses dan hasil pendidikan.
Pembelajaran matematika diarahkan agar peserta didik mampu berpikir rasional dan kreatif, mampu berkomunikasi dan bekerjasama, jujur, konsisten, dan tangguh menghadapi masalah serta mampu mengubah masalah menjadi peluang. Guru memampukan peserta didik untuk menemukan kembali berbagai konsep dan prinsip matematika melalui pemecahan masalah nyata di lingkungan budayanya. Aktivitas peserta didik mengonstruksi berbagai konsep, sifat, dan aturan matematika melalui pemecahan masalah kompleks. Komunikasi dan kerjasama di antara peserta didik dalam memahami, menganalisis, berpikir kritis dan kreatif dalam memecahkan masalah menjadi fokus utama dari guru.
Pembelajaran matematika dalam buku ini mempertimbangkan koneksi matematika dengan masalah nyata, bidang ilmu lain, dan antar materi matematika di dalamnya. Dalam kajian konsep dan prinsip matematika sangat tergantung semesta pembicaraan yang disepakati dan pertimbangan jangkauan kognitif peserta didik di setiap jenjang pendidikan. Setiap konsep dan prinsip yang dibangun merupakan acuan untuk menemukan konsep yang baru, baik dalam satu topik ataupun antar topik. Misalnya, konsep dan prinsip pada topik menentukan himpunan penyelesaian suatu program linear dua variabel dapat dibangun dari konsep dan prinsip yang ada pada topik menentukan himpunan penyelesaian dari suatu sistem persamaan linear dua variabel; atau konsep dan prinsip pada topik turunan dibangun dari konsep dan prinsip yang ada pada topik limit fungsi. Pola pikir deduktif dengan pendekatan pembelajaran induktif, matematika yang bersifat abstrak dengan pendekatan konkrit, sifat hirarkis dan konsistensi, serta penggunaan variabel atau simbol yang kosong dari arti, merupakan karakteristik matematika yang harus menjadi bahan pertimbangan guru dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas.
Tidak tersedia versi lain