Koleksi SMA
Ilmu Ekonomi
Buku pelajaran dengan judul “Ilmu Ekonomi" ini disusun dengan menitikberatkan pada pencapaian hard skills dan soft skills pada peserta didik. Oleh karena itu, pembelajaran yang diberikannya pun dirancang dalam empat hal utama yang saling berkaitan, meliputi sikap spiritual (Kompetensi Inti 1), sikap sosial (Kompetensi Inti 2), pengetahuan (Kompetensi Inti 3), dan penerapan sikap dan nilai pengetahuan (Kompetensi Inti 4). Dengan demikian, buku ini pun disusun dengan sistematika yang menjadi keunggulan atau karakteristik dari buku ini sebagai media pembelajaran bagi pendidik dan peserta didik.
1. Materi disajikan dengan memakai bahasa yang sesuai perkembangan peserta didik dan didukung dengan penggunaan model pembelajaran "saintifik' di mana pembelajarannya meliputi unsul mengamati gambar atau membaca artikel, kemudian mengorelasikan dengan pemahaman konsep materi yang disajikan.
2. Tugas yang bersifat menanya, menalar (mengasosiasikan), mengumpulkan data (mengeksplorasikan), dan mengomunikasikan; disajikan dengan beragam variasi berupa diskusi, analisis, praktik/proyek dengan metode berpikir dan analisis sehingga menumbuhkan kreativitas dan kompetensi peserta didik.
3. Peta konsep memberikan gambaran materi pokok pembelajaran setiap babnya, dan dilengkapi dengan kata kunci.
4. Pengetahuan atau wawasan (info, tokoh, wawasan kebinekaan) disajikan untuk menambah pengetahuan dan wawasan berpikir peserta didik dalam mempelajari sebuah materi.
5. Rangkuman merupakan inti sari dari materi yang telah dijabarkan.
6. Penilaian harian merupakan latihan soal yang bisa dikerjakan peserta didik untuk mengukur daya serap peserta didik terhadap penguasaan materi pelajaran.
7. QR Code merupakan materi tambahan yang dapat memperkaya pengetahuan peserta didik terkait materi pembelajaran yang tersimpan secara online. Komponen ini dapat diakses dengan cara men-scan barcode yang ada melalui gawai yang telah terinstal aplikasi TS Reader (dapat diunduh di Play Store).
8. Pojok HOTS (Higher Order Thinking Skills) merupakan soal yang mengajak peserta didik untuk berpikir lebih kritis dan kreatif dalam menganalisis sebuah permasalahan sehingga akan mampu meningkatkan kemampuan berpikir yang lebih tinggi pada peserta didik.
Tidak tersedia versi lain